5 Cara Ampuh Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

 

Cara Ampuh Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi. Ada banyak sekali fungsi dari fitur auto rotate pada hp Android. Diantaranya adalah saat kita bermain game, menonton video dengan tampilan penuh maupun memfoto sesuatu. Ketika kita mengaktifkan fitur ini, secara otomatis tampilan layar akan berubah menjadi landscape dan potrait tergantung dari kita yang membalikan perangkat.

Pada dasarnya, cara kerja dari fitur rotasi layar ini hanya memanfaatkan sensor accelerometer yang terdapat pada smartphone. Fungsi dari sensor accelerometer sendiri digunakan untuk mengetahui gerakan tanggan pengguna ponsel. Jadi tidak heran jika saat membalikan smartphone layar akan berubah secara otomatis. Selain itu perlu diketahui bahwa sensor ini juga terus bekerja meski kita tidak mengaktifkan fitur auto rotate.

Lantas apa jadinya jika fitur rotasi otomatis pada layar hp Android tidak berfungsi? Jika hal ini terjadi tentunya tampilan layar tidak akan bisa berpindah dari potrait ke landscape. Sehingga kita akan kesulitan saat menggunakan smartphone, terutama jika ingin melakukan multitasking.

Namun tak perlu khawatir, karena kali ini kita akan membahas solsui dan Cara Ampuh Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi. Namun sebelum kita membahas lebih rinci tentang tutorialnya, sebaiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab layar tidak bisa rotasi otomatis.

Penyebab Rotasi Otomatis Android Tidak Berfungsi

Ternyata ada beberapa penyebab dari auto rotate layar Android tidak berfungsi. Diantaranya adalah kita terlalu sering melakukan oprek smartphone terutama saat kita melakukan custom ROM yang tidak cocok dengan spesifikasi hp Android tersebut. Selain itu juga saat kita melakukan root hp Android yang menjadikan sensor accelerometer menjadi rusak.

Bila masalah seperti ini sudah terjadi, kebanyakan pengguna smartphone akan merasa bingung, karena smartphone kesanyangannya error. Tetapi kamu tak perlu bingung, karena kali ini kita akan membahas cara memperbaiki rotasi layar Android yang tidak berfungsi.

Selain beragamnya penyebab auto rotate Android yang tidak berfungsi, ternyata jenis error yang terjadi pada rotasi layar juga beragam. Salah satunya yang paling sering dialami pengguna smartphone adalah fitur auto rotate aktif sendiri, atau jika tidak biasanya tidak bisa diaktifkan.

Jadi pada pembahasan kali ini tim malangtekno.info bukan hanya akan membahas cara mengatasi auto rotate Android yang tidak berfungsi saja. Tetapi juga kemungkinan error yang lain pun juga dapat diatas dengan mudah. Namun sebelum itu pastikan dahulu bahwa fitur auto rotate layar hp Android Anda sudah dalam keadaan aktif.

1. Lakukan Test Pada Sensor Accelerometer

Agar dapat menguji fitur sensor accelerometer pada smartphone dengan mudah, kamu bisa menggunakan kode rahasia. Setiap merk smartphone seperti Samsung Galaxy, Xiaomi, Oppo, Lenovo, Smartfren Andromax, Asus Zenfone, Sony Xperia, Advan, Vivo dan lain sebagainya tentu sudah didukung dengan kode rahasia.

Seperti halnya kode rahasia untuk test sensor accelerometer pada Samsung Galaxy yang menggunakan *#0#*. Setelah itu tab tombol sensor lalu pilih accelerometer, selanjutnya silahkan Kamu lihat apakah ada pergerakan dari layar atau tidak.

2. Bersihkan Cache Pada Smartphone

Jika melakukan pengujian pada sensor accelerometer sudah selesai dan hasilnya cukup memuaskan, selanjutnya silahkan kamu bersihkan cache pada smartphone. Selain cache jangan lupa juga untuk membersihkan history tasking yang sudah dilakukan ponsel pintar Kamu.

Perlu diketahui bahwa file sampah yang terdapat pada smartphone mungkin bisa menjadi penyebab dari auto rotate tidak berfungsi. Untuk membesihkan cache pada smartphone kamu bisa melakukannya melalui menu pengaturan. Namun jika kamu tidak ingin ribet, bisa juga dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master.

3. Matikan Smartphone Lalu Reboot

Cara Ampuh Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi yang ketiga adalah dengan menon-aktifkan smartphone Kamu, lalu lepaskan baterai, kartu SIM dan juga microSD. Setelah itu diamkan smartphone dalam beberapa detik, Selanjutnya pasangkan kembali semua komponen tersebut lalu hidupkan.

Dengan melakukan cara ini, secara tidak langsung Kamu juga membersihkan file sampah yang ada pada smartphone. Namun bedanya jika kamu menggunakan trik ini, saat kamu melakukan reboot maka smartphone akan memuat ulang sistem operasi.

4. Instal Aplikasi Pihak Ketiga

Jika ketiga cara diatas masih belum dapat memperbaiki rotasi layar Android yang tidak berfungsi, maka kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang paling efektif adalah Ultimate Rotation Control.

Aplikasi ini memang berfungsi untuk memaksa layar Android agar berotasi saat terjadi error. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini secara otomatis layar Android kamu akan tetap berotasi, dan bahkan kamu dapat mengatur untuk satu mode saja, seperti potrait atau landscape.

5. Lakukan Factory Reset

Cara Ampuh Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi yang terakhir adalah dengan melakukan factory reset. Langkah ini sebaiknya digunakan apabila semua cara diatas tidak dapat memperbaiki auto rotate layar tidak berfungsi ataupun error. Tujuan dari dilakukannya factory reset ini adalah untuk mengembalikan perangkat pada pengaturan awal saat baru keluar dari pabrik.

Sehingga secara tidak langsung langkah ini juga dapat memperbaiki sensor accelerometer yang mengalami error.  Namun sebelum melakukan cara ini sebaiknya Anda harus melakukan backup data terlebih dahulu, karena semua data file Anda akan terhapus.

Perlu kami sampaikan sekali lagi bahwa pada saat melakukan perbaikan rotasi layar Android error diatas, pastikan bahwa fitur auto rotate smartphone dalam keadaan aktif, terutama pada saat Kamu melakukan test pada sensor accelerometer.

Namun jika setelah melakukan 5 Cara Ampuh Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi tidak kunjung pulih maka sebaiknya Kamu harus bawa ke service center terdekat.

0 Komentar